print this page













Apa sih hacker itu? Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya, terutama keamanan. Hacker, banyak kalangan menyebutnya sebagai penjahat komputer, namun disisi lain hacker tidaklah seburuk yang seperti yang dipikirkan dan dibayangkan. Hacker adalah seni, Seninya orang IT dan juga hasil dari perkembangan teknologi...
Bagi media massa sendiri Hacker diartikan sebagai cybercrime. Bagi komunitas Hacker, istilah penjahat komputer disebut Cracker. Bedanya, Hacker membuat sesuatu, sedangkan Cracker menghancurkan/merusaknya. Komunitas Hacker ada tanpa Jenderal tanpa Presiden. Di dunia Hacker ada sebuah kalimat yang terkenal "Show me the Code".

Hacker di bagi 4 kategori:

  • 1.White-Hat Hackers.



  • 2.Black-Hat Hackers.



  • 3.Grey Hat Hacker.



  • 4.Suicide Hacker.





  • 1.White Hat Hacker
    Merupakan seorang hacker yang mengagumkan dari segi pencapaian teknis dan filosofis mereka yang turut mengembangkan budaya hacker di dunia. Ini adalah tokoh-tokoh yang ikut mendorong banyak revolusi dalam dunia komputer dan teknologi informasi. Mereka yang berani melakukan kreatifitas di luar kebiasaan sehari-hari. Merekalah pemikir-pemikir out-of-the-box, revolusionis dalam dunia yang semakin kabur.
    Contohnya :
  • Tim Berners-Lee: Sang Penemu Web.



  • Linus Torvalds: Pemikir/pencipta Linux.



  • Richard Stallman: Penggagas GNU.



  • Gordon Lyon: Pembuat Nmap.



  • Dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan semuanya.
    2. Black Hat Hacker, merupakan tokoh-tokoh yang kerap melupakan batasan moral dan etika dalam melakukan inovasi teknologi. Mereka juga ikut mendorong banyak revolusi dalam dunia komputer dan teknologi informasi, salah satunya dari sisi pihak-pihak yang tak ingin lagi menjadi korban dari aksi-aksi para Black-Hat ini.
    Contohnya :
    Robert Tappan Morris: Pembuat Worm (Worm-Virus) Pertama Di Dunia, Kevin Mitnick: America's Most Wanted Hacker, Vladimir Levin: Pembobol Citibank Agustus 2004, Loyd Blankenship: The Mentor, Kevin Poulsen: "Win a Porsche by Friday". Lotere by U.S radio., Joe Engresia: Phreaker Buta yang Legenda., John Draper: Captain Crunch, Crunchman, atau Crunch, Adrian Lamo: Pembobol Yahoo!, Microsoft, Excite@Home, WorldCom, New York Times
    dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan semuanya. Kalau kalian mau mengetahui lebih lanjut kisah para hacker legendaris tersebut, kalian bisa melakukannya secara googling di Google.com.
    3.Grey Hat Hacker adalah jenis hacker yang bergerak diarea abu-abu,mereka adalah White Hat Hacker namun mereka juga bisa berubah menjadi Black Hat Hacker.






    4.Suicide Hacker masih disebut hacker mitos, karena terorisme cyber belum begitu kelihatan.Gambaran Suicide Hacker bisa dilihat di film Die Hard 4 dimana hacker menguasai jaringan komputer sebuah negara sehingga bisa melakukan banyak hal untuk berbuat kekacauan,listrik dimatikan,satelit dikuasai,dll.Suicide Hacker bisa disetarakan dengan tindakan bom bunuh diri yang sempat marak,hacker jenis ini tidak takut dengan ancaman penjara 100 tahun sekalipun dan mempunyai tujuan melakukan kekacauan sebesar-besarnya.

    Menurut Eric Raymond hacker di definisikan sebagai programmer yang pandai. Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik kepada masalah programming dan “hacking” adalah proses pembuatan-nya. Ada beberapa karakteristik yang menandakan seseorang adalah hacker,
    seperti (1) dia suka belajar detail dari bahasa pemrograman atau system, (2) dia melakukan
    pemrograman tidak cuma berteori saja, (3) dia bisa menghargai, menikmati hasil hacking orang lain, (4) dia dapat secara cepat belajar pemrogramman, dan (5) dia ahli dalam bahasa pemrograman tertentu atau sistem tertentu, seperti “UNIX hacker”, LINUX. (6). Seorang hacker adalah penulis yang baik, dia bisa menuangkan hasil eksploitasinya ke dalam bentuk tulisan.
    Hacker memiliki etika dan aturan main, seorang hacker sejati akan selalu mentaati etika dan aturan main yang telah ditetapkan. Salah satu etika yang berhasil di formulasikan dengan baik ada di buku Hackers: Heroes of the Computer Revolution, yang ditulis oleh Steven Levy 1984, ada enam (6) etika yang perlu di resapi seorang hacker:
  • 1.Akses ke komputer dan apapun yang akan mengajarkan kepada anda bagaimana dunia ini
    berjalan / bekerja harus dilakukan tanpa batas & totalitas. Selalu mengutamakan pengalaman
    lapangan!.



  • 2.Semua informasi harus bebas, terbuka, transparan, tidak di sembunyikan.



  • 3.Tidak pernah percaya pada otoritas, penguasa – percaya pada desentralisasi.



  • 4.Seorang hacker hanya dinilai dari kemampuan hackingnya, bukan kriteria buatan seperti gelar, umur, posisi atau suku bangsa.



  • 5.Seorang hacker membuat seni & keindahan di komputer.



  • 6.Komputer dapat mengubah hidup anda menuju yang lebih baik.




  • "Real Hacker Will Not Recognize him if he is a Hacker."



    0 komentar:

    Posting Komentar

    Copyright © 2012 imagination of the mind / Designer by : M.A.T.A XP